Laut Mati (Yordania/Israel)

Dengan kandungan garam lima kali lebih banyak dari samudra dunia(Wah gudang garam nih), maka Laut Mati diberi nama berdasarkan keyakinan bahwa kandungan garamnya telah mencegah kehidupan bawah air.Ini sebagian besar memang benar, meski mikro-organisme sejak dahulu telah dideteksi di sini.

Pantai kumpulan air dengan kandungan garam tertinggi didunia ini juga menandai titik terendah permukaan dataran di Bumi, 1.302 kaki(berarti kira2 397 meter donk, Wow)di bawah permukaan laut.Laut Mati memiliki panjang 49 mil(kira2 79 km), dan lebarnya mencapai 10 mil(kira2 16 km, buset).Disebelah utara dalamnya mencapai 1.300 kaki(kira2 400 m), namun sangat dangkal disebelah Selatan.

Berlokasi di lembah Great Rift, laut mati memperoleh masukan oleh air dari Sungai Jordan dan sungai-sungai lain.Tidak ada aliran keluar, hanya penguapan, yg menyebabkan kandungan garam tinggi.

Air ini begitu dipenuhi oleh garam dan materi lain sehingga bisa dikatakan tidak mungkin bagi seorang perenang untuk tenggelam didalamnya.Bangsa Romawi berkeyakinan bahwa air Laut Mati memiliki daya pemulihan, mereka datang kesini untuk berenang dan bahkan minum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: